TANDA-TANDA KEGANASAN DI RONGGA MULUT

Posted by ATMAJA'Z

Kanker Mulut merupakan salah satu penyebab kematian akibat keganasan yang frekwensinya makin meningkat terutama pada perokok, resikonya 5 kali lebih tinggi. Penyebaran kanker pada rongga mulut sangat cepat dikarenakan mulut merupakan bagian tubuh yang selalu bergerak baik pada saat makan, bicara, maupun bernafas. Selain itu juga daerah kepala dan leher merupakan bagian tubuh yang paling banyak mengandung kelenjar getah bening, sehingga penyebaran kebagian tubuh lainnya lebih cepat terjadi.
Disarankan untuk melakukan pemeriksaan mandiri pada rongga mulut setiap bulan sehingga kanker mulut dapat di segera di deteksi pada stadium awal, hal ini sangat menentukan tindakan perawatan selanjutnya. Perlu di waspadai bila mempunyai keluhan sakit pada saat menelan dan mengunyah serta sakit leher atau suara serak yang kronis dan tidak sembuh. Selain itu harap segera hubungi dokter, bila di temukan kondisi-kondisi sebagai berikut :

Bercak putih(LEUKOPLAKIA)

Bercak kemerahan, (ERYTHROPLAKIA)Bercak putih kemerahan, (ERYTHROLEUKOPLAKIA)Luka/Ulkus atau sariawan yang tidak sembuh-sembuh dan mudah berdarahPembengkakan atau terdapat jaringan yang lebih tebal daripada jaringan sekitarnya
Pembengkakan/benjolan pada leher yang tidak simetris(referens : American Association of Oral and Maxillofacial Surgeons)