Sabun Rusak Lensa Kontak

Posted by ATMAJA'Z

BILA Anda menggunakan lensa kontak, pastikan Anda mengikuti instruksi dari optometris (ahli pemeriksa mata, Red) dengan seksama. Pasalnya, kesalahan ketika membersihkan dan mengganti kontak lensa dapat memicu terjadinya infeksi atau kerusakan pada mata.

Asosiasi Optometris Amerika menganjurkan agar Anda melakukan pemeriksaan yang teliti. Selain itu, Anda harus memilih lensa yang tepat. Yakni, yang pantas untuk Anda dan gaya hidup Anda. Kemudian, Anda juga harus membuat jadwal yang teratur untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Ikuti petunjuk optometris adalah hal penting. Bila lensa kontak Anda bersifat sekali pakai, letakkan di luar dan bersihkan dengan segera. Lalu, buanglah tepat pada waktunya. Anda tidak bolah mencoba untuk menggunakannya kembali bila jangka waktu yang telah ditetapkan oleh sang optometris habis.

Cuci selalu tangan sebelum Anda akan menggunakan lensa kontak. Namun, hindari menggunakan sabun dalam bentuk krim saat mencuci tangan. Pasalnya, sisa sabun yang menempel di tangan dapat merusak lensa. Simpan lensa di tempatnya dengan tepat -yang harus selalu bersih- sesuai anjuran optometris.

Hubungi optometris segera bila Anda merasa tidak nyaman dengan lensa kontak yang dikenakan. Terutama bila timbul gejala mata memerah, merasa seperti terbakar, iritasi, atau penglihatan menjadi kabur. (sna/hdn)