Apa itu penyakit arteri koroner?. Arteri koroner adalah pembuluh darah yang membawa darah menuju ke otot jantung. Penyakit arteri koroner disebut juga

Posted by ATMAJA'Z

Makanan yang kita makan dan pengaruhnya terhadap jantung
Makanan yang kita makan dapat mempengaruhi peredaran darah melalui jantung dan arteri. Diet yang mengandung tinggi lemak jahat dan tinggi koleterol secara berangsur-angsur menyebabkan pembentukan plaque di dalam arteri-arteri yang mengedarkan darah dari dan ke jantung. Pmbentukan plaque tersebut memperlambat aliran darah dan dapat dengan cepat menutup arteri

Jika Penutupan atau kemacetan yang diakibatkan oleh plaque terjadi pada arteri-arteri yang mensuplai darah ke otot jantung, maka dapat terjadi serangan jantung. Jika penutupan atau kemacetan oleh plaque terjadi pada arteri yang mensuplai darah ke otak, maka yang terjadi adalah stroke. Diet yang benar dapat membantu memelihara arteri-arteri bersih dari terjadinya plaque dan akan mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan stroke. Jaga dan peliharalah kesehatan jantung anda dengan membuat pilihan-pilihan makanan yang lebih menyehatkan.

Tips Diet Untuk Kesehatan Jantung
Kurangi makanan dari golongan lemak jahat, seperti lemak jenuh atau trans fats. Lemak-lemak tersebut terdapat dalam makanan seperti mentega, minyak sawit, kelapa, lemak jenuh dari sayur-sayuran seperti crisco, lemak pada daging binatang dan lemak pada semua produk susu pabrik.

Semua biji-bijian seperti roti adalah mengandung tinggi serat dan penuh dengan karbohidrat, jadi pilihlah makanan dari biji-bijian sperti roti sebagai makanan selingan dan juga sebagai makanan tambahan.

Buah dan juga sayur-sayuran secara alamiah adalah makanan yang rendah lemak. Mereka tidak hanya menambah selera makan dan membuat diet anda menjadi bervarisai akan tetapi juga berisi serat, vitamiun dan juga mineral.

Bila anda memasukkan daging dan unggas dalam diet anda, cara yang paling sehat adalah sajikan jenis makanan tersebut dengan di bakar, dipanggang. Buanglah lemak-lemak yang ada disisi luar atau buanglah kulitnya sebelum dimasak untuk disajikan. Potonglah kecil-kecil dapat disate menggunakan panci atau digoreng dengan mengaduk-aduknya sehingga matang. Sebaiknya gunakan sebuah panci yang nonstcik (tidak lengket) sebagai ganti dari mentega atau margarine.

Kacang-kacangan kering, tanaman kacang-kacangan seperti lentil dan kacang polong terdapat kandungan protein dan serat tanpa adanya kandungan kolesterol dan lemak yang seperti dimiliki pada daging. Cobalah untuk mengganti kacang-kacangan untuk daging dalam resep favorit anda seperti lasagna dan cabe rawit.

Pilihlah tipe produk susu, yogurt dan keju yang rendah atau tanpa lemak. Makanlah kuning telur tetapi tidak lebih dari 4 kuning telur (gunakanlah putih telur atau pengganti telur). Buatlah pilihan-pilihan makanan yang lebih menyehatkan.

Berat Badan dan Kesehatan Jantung?
Bicarakan dengan dokter anda tentang berapa semestinya berat badan ideal anda, karena setiap orang mempunyai berat badan ideal yang berbeda. Jika anda dengan berat badan lebih atau overweight, kelebihan berat badan tersebut memberikan beban pada jantung anda. Pengurangan berat badan dapat membantu jantung anda tetap sehat. Jika anda perlu mengurangi berat badan, ingatlah bahwa pengurangan berat badan hanya 10 % dari berat badan anda akan mengurangi resiko anda untuk terkena diabetes dan penyakit jantung.

Mengapa latihan olah raga baik untuk kesehatan jantung anda?
Latihan olah raga membuat jantung anda menjadi lebih kuat, yang membantu jantung memompa lebih banyak darah dengan tiap denyutnya. Hal ini berarti pendistribusian oksigen keseluruh tubuh anda menjadi lebih banyak yang membantunya berfungsi lebih efisien.

Latihan olah raga dapat juga menurunkan tekanan darah, dan akan mengurangi resiko anda dari terserang penyakit jantung dan mengurangi kandungan kolesterol jahat yang dapat menyumbat arteri dan dapat menjadi sebab terjadinya serangan jantung. Pada waktu yang sama, latihan olah raga dapat menaikkan kadar kolesterol baik atau kadar kolesterol HDL dalam darah yang membantu melindungi dari serangan jantung dengan membawa simpanan lemak ke luar dari arteri.

Saat menggabungkan dengan suatu diet yang sehat dengan latihan olah raga dapat dengan cepat menurunkan berat badan anda. Latihan olah raga secara teratur juga membantu anda dalam pembakaran kalori dengan lebih cepat, bahkan saat anda dalam kondisi duduk karena latihan olah raga cenderung membentuk otot yang membakar kalori lebih banyak daripada lemak.

Apakah Jenis olah raga yang terbaik untuk kesehatan jantung?
Adalah olah raga aerobik, aerobik menyebabkan anda bernafas dengan lebih dalam dan membuat jantung anda bekerja lebih keras untuk memompa darah. Olah raga aerobik juga menaikkan kecepatan denyut jantung (heart rate) yang juga akan membantu pembakaran kalori.

Beberapa contoh olah raga aerobik seperti berjalan, jogging, berlari, berdansa, berenang dan bersepeda.

Berapa lama latihan olah raga yang diperlukan untuk kesehatan jantung?
Pada umumnya, jika anda tidak pernah melakukan olah raga, cobalah untuk melakukannya secara bertahap hingga menjadi 30 minut setiap kali latihan dan lakukan 4-6 kali tiap minggunya. Dokter mungkin akan merekomendasikan aturan latihan olah raga yang berbeda berdasarkan kesehatan anda.

Bagaimana agar dapat melakukan olah raga sesuai dengan anjuran padahal anda adalah seorang yang dengan banyak jadwal atau kesibukan?

Ada banyak cara untuk menaikkan denyut jantung (heart rate) anda selama anda melakukan rutinitas sehari-hari. Berikut beberapa contoh cara:
Gunakan tangga sebagai ganti elevator.
Berjalan-jalan selama waktu istirahat atau makan siang
Berjalan waktu ke tempat kerja atau parkirlah kendaraan anda di paling belakang dari area parkir, sehingga anda harus berjalan lebih jauh.
Berjalanlah dengan lebih cepat
Lakukanlah pekerjaan rumah denga lngkah-langkah yang lebih cepat dan lebih sering misalnya mmbersihkan debu dirumah setiap hari.
Doronglah mesin pemotong rumput untuk membersihkan pekarangan anda atau lakukanlah kegiatan berkebun pada pekarangan anda.