POSISI PASIEN BEDAH RASMUDJITO

Posted by ATMAJA'Z

I. PETUNJUK DASAR MEMINDAHKAN/MENGATUR POSISI PASIEN YANG DIBIUS/TIDAK SADAR
1. Selalu meminta ijin ahli anestesi sebelum memindahkan pasien yang di bius.
2. Sediakan bantuan yang cukup untuk memindahkan pasien dengan aman.
3. Lapisi semua daerah tulang yang menonjol dan daerah-daerah yang lembut dimana daerah-daerah tersebut bersentuhan dengan meja operasi. Kerusakan syaraf yang serius dan pembuluh dapat terjadi jika penaganan perawatan tidak dilakukan
. Catat secara khusus bahwa siku tangan, lutut, jari-jari kaki, dan daerah-daerah aksilari yang rentan rusak. Permukaan bagian dalam lengan bagian atas daerah syaraf ulnar, harus diposisikan diatas meja atau menggunakan armboard. Pleksus tangan, ditempatkan didalam bagian daerah aksilari, harus selalu dilindungi dari ketegangan atau tekanan.
4. Lakukan dengan lemah lembut ketika menggerakkan tulang-tulang sendi. Memindahkan secara cepat sebuah anggota badan ke sebuah sudut lebih dari 90 derajat dapat menyebabkan luka. Dimana pasien yang tidak sadar tidak dapat memberitahu kita bila pasien dalam keadaan kesakitan.
5. Tetap jaga privasi pasien dengan menghindari pembukaan tubuh yang tidak penting.
6. Luruskan leher dan tulang belakang setiap waktu ketika memposisikan pasien. Hal ini mencegah luka pada tengkuk tulang belakang dan mencegah jalan udara.
7. Lindungi jari-jari tangan pasien dari tersentuhnya patahan meja operasi dengan melindungi lengan tangan dan tangan dalam selimut jangan pernah meletakkan tangan dibawah pantat. ( Gambar 1 ).
8. Pindahkan perlahan dan dengan hati-hati. Mengatur posisi pasien dengan cepat dapat menyebabkan kecelakaan atau luka.
9. Siapkan semua perlengkapan-perlengkapan penting yang ada sebelum pasien tersebut diindusi untuk menjaga waktu bius yang terlalu lama.
10. Lindungi I.V. lanes , kateter, dan ET dari tekanan.
11. Kerja tim sangat penting untuk memindahkan pasien dengan komando ( aba – aba ) pada hitungan ketiga ketika pasien sedang diangkut. Seseorang harus melakukan lansung pindahan tersebut.
12. Lindungi diri sendiri dengan mengenakan pakaian dan APD yang baik.