Menilai Faktor-faktor Resiko Penyakit Jantung Pada Seseorang

Posted by Anonymous

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian antara usia pertengahan dan usia lanjut dan diantara wanita usia diatas 60 tahun. Oleh sebab itu ketahuilah faktor resiko pada diri anda yang bisa menjadi sebab penyakit jantung untuk melakukan pengendalian terhadap faktor-faktor tersebut sehingga dapat melakukan pencegahan dari terjadinya penyakit jantung. Berikut faktor-faktor resiko penyakit jantung:
Faktor Usia
Faktor Keturunan
Faktor tekanan darah tinggi
Faktor kolesterol tinggi
Faktor perokok
Faktor diet yang jelek
Kelebihan berat badan dan aktifitas yang kurang.
Faktor masalah kesehatan lain seperti diabetes.
Perhatikanlah gaya hidup anda, riwayat penyakit keluarga (faktor keturunan) dan kesehatan anda secara umum. Dengan informasi ini anda dan dokter dapat menilai atau menaksir apa saja faktor-faktor resiko yang anda punyai dan buatlah suatu rencana untuk mentackle masalah-masalah potensial.

Faktor usia
Resiko yang paling besar untuk terserang penyakit jantung adalah pada laki-laki dengan usia lebih dari 45 tahun dan pada wanita usia lebih dari 55 tahun. Meskipun anda tidak bisa berbuat banyak karena faktor usia yang tidak bisa dikendalikan, anda dapat merubah atau mepengaruhi faktor-faktor resiko lain dibawah ini.

Faktor Keturunan
Anda tidak dapat merubah faktor keturunan atau riwayat penyakit jantung pada keluarga. Faktor keturunan patut untuk anda cemaskan, karena merupakan hal yang penting untuk anda ketahui apakah penyakit-penyakit yang terjadi dalam keluarga anda dan menceritakannya pada dokter. Bicarakanlah dengan anggota keluarga anda (orang tua, kakek, nenek, saudara kandung, tante, paman) tentang siapa saja yang pernah terkena serangan jantung, stroke atau masalah kesehatan serius lainnya. Dengan informasi-informasi tersebut akan menjadi pertimbangan dokter dalam merekomendasikan test-test pemeriksaan untuk mendeteksi dan pengobatan yang sifatnya pencegahan yang tepat dan sesuai.

Faktor kolesterol
Jika anda tidak mengetahui kadar kolesterol darah anda, tanyakan dan mintalah kepada dokter jika hal itu sebaiknya di lakukan pemeriksaan. Untuk mengurangi dan mencegah kadar kolesterol yang tinggi, batasi banyaknya kolesterol dan lemak yang anda makan serta lakukan latihan olah raga secara teratur. Beberapa orang yang mepunyai kadar kolesterol tinggi mungkin memerlukan konsumsi obat-obatan untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap berada dibawah kontrol. Tanyakan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan sesuai jika ternyata hasi pemeriksaan kolesterol darah anda melebihi dari kadar kolesterol normal.

Faktor tekanan darah
Jika tekanan darah anda tinggi, maka mengurangi berat badan, latihan olah raga teratur, hilangkan kebiasaan merokok, mengurangi konsumsi sodium dan garam serta alkohol pada beberapa kasus akan dapat membantu menurunkan, mengurangi dan mengontrol tekanan darah tinggi. Beberapa orang mungkin memerlukan pengobatan untuk mengontrol atau mengendalikan tekanan darah mereka (lakukan test pengukuran tekanan daran dan konsultasikan dengan dokter obat yang tepat jika anda menderita hipertensi.

Faktor merokok
Berhenti merokok (baca juga cara-cara berhenti merokok) adalah satu-satunya cara terbaik untuk kesehatan anda. Bicarakan dengan dokter anda tentang bagaimana berhenti dan selalu bebas dari produk tobacco (tembakau). Jika anda berada pada lingkungan perkok, hanya sekedar menghisap asapnya saja dapat juga mempengaruhi kesehatan anda. Anjurkan 0rang-orang di sekeliling anda yang merokok untuk berhenti merkok.

Faktor Diet
Diet yang tinggi lemak dan kolesterol mepunyai keterkaitan dengan penyakit jantung dan terkait juga dengan banyak sekali masalah kesehatan lain. Lemak dan kolesterol dapat mengeraskan, menyempitkan dan mengakibatkan penyumbatan pada arteri-arteri. Diet yang sehat adalah diet dengan tinggi serat dan rendah lemak.

Setiap harinya cobalah untuk makan dengan diet:
6-8 ons dari roti, atau biji-bijian seperti gandum dan nasi
3,5 -5 cangkir buah segar atau sayur-sayuran yang dibekukan.
3 cangkir susu tanpa lemak (susu skim), atau yougurt rendah lemak atau keju rendah lemak
5-6,5 ons dari daging yang tidak berlemak atau daging unggas, ikan, kacang-kacangan atau putih telur
Sebagai tambahan, gunakan mentega, margarin dan minyak untuk memasak secukupnya saja. Anda mungkin juga perlu menghindari makanan-makanan yang tinggi sodium dan garam yang dapat meningkatkan tekanan darah anda. Sodium ditemukan pada garam dapur dan beberapa makanan siap saji terutama makanan kaleng

Walaupun beberapa penelitian menyarankan bahwa alkohol dapat membantu melindungi melawan penyakit jantung, pemakaian yang tidak berlebih-lebihan adalah kuncinya.

Faktor Berat badan
Berat badan yang berlebihan memberikan tegangan atau beban ekstra pada jantung dan pembuluh darah. Untuk membantu anda menurunkan berat badan secara bertingkat dan menjaganya agar tidak bertambah maka lakukan olah raga secara teratur, kombinasikan dengan diet tinggi serat dan diet rendah lemak. Konsultasikan dengan dokter tentang cara yang aman untuk menurunkan berat badan anda.

Faktor Latihan olah raga
Latihan olah raga secara teratur dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Dengan olah raga teratur, anda akan selalu merasakan lebih sehat dan menjaga berat badan anda agar tetap selalu terkontrol. Jika anda sebelumnya tidak pernah melakukan olah raga atau anda mempunyai masalah kesehatan, bicarakan hal tersebut dengan dokter sebelum anda memulai latihan olah raga. Latihan olah raga 30-60 menit tiap hari, 4-6 kali dalam satu minggu adalah sasaran yang anda capai, tetapi berapapun jumlahnya sudah lebih baik daripada tidak sama sekali.

Faktor masalah kesehatan lain
Beberapa masalah kesehatan seperti diabetes atau DM (diabetes militus) dapat menjadi konstribusi timbulnya penyakit jantung. Konsultasikan hal tersebut dengan dokter ahli untuk mendapatkan anjuran yang tepat untuk diri ada pribadi.