kritik akan mengakibatkan hal positif seperti; semakin terjaminnya kemampuan analisa seseorang terhadap fakta dan data yang dihadapi dan akan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi kelemahan.
Sebelum memecahkan masalah, manajer perlu mengajukan pertanyaan kunci sebagai berikut :
Apakah hal ini penting ?
Apakah saya ingin mengerjakan sesuatu untuk hal itu ?
Apakah saya cukup handal untuk menangani masalah itu ?
Apakah saya mempunyai kewenangan untuk mengerjakan sesuatu ?
Apakah saya mempunyai pengetahuan, minat, waktu dan sumber yang tepat untuk itu ?
Dapatkah saya mendelegasikan hal tersebut kepada seseorang ?
Apakah ada manfaat yang didapatkan dari penyelesaian masalah tersebut ?
PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK KEPERAWATAN Pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan yang sistematis terhadap hakekat suatu masalah dengan pengumpulan fakta-fakta dan data, menentukan alternatif yang matang untuk mengambil suatu tindakan yang tepat.
Ada lima hal yang perlu diperhatikan dalam pengambilan keputusan :
Dalam proses pengambilan keputusan tidak terjadi secara kebetulan.
Pengambilan keputusan tidak dilakukan secara sembrono tapi harus berdasarkan pada sistematika tertentu :
Tersedianya sumber-sumber untuk melaksanakan keputusan yang akan diambil.
Kualifikasi tenaga kerja yang tersedia
Falsafah yang dianut organisasi.
Situasi lingkungan internal dan eksternal yang akan mempengaruhi administrasi dan manajemen di dalam organisasi.
Masalah harus diketahui dengan jelas.
Pemecahan masalah harus didasarkan pada fakta-fakta yang terkumpul dengan sistematis.
Keputusan yang baik adalah keputusan yang telah dipilih dari berbagai alternatif yang telah dianalisa secara matang.
Apabila jawaban pada pertanyaan nomor 1 sampai 5 adalah “tidak”, maka pemecahan masalah tersebut tidak efektif, artinya membuang waktu, sumber dan tenaga secara personal. Tapi sebaliknya bila jawabannya semua “ya”, pengambilan keputusan merupakan pilihan untuk menerima masalah dan bertanggung jawab.