Apa Saja Alat Kontrasepsi yang Menyebabkan Kanker?

Posted by ATMAJA'Z

Assalamu'alaikum wr. Wb.

Bu dokter yang baik, saya ingin menanyakan tentang alat kontrasepsi apa saja yang menyebabkan kanker, karena selama ini penggunaan alat itu begitu populer di kalangan masyarakat, sebab tidak semua orang laki-laki bisa mengontrol emosi penyaluran kebutuhan bathinnya itu.

Terimakasih, semoga Allah Ta'ala memberikan ilmu yang banyak lagi kepada ibu selama ibu memberikan konsultasi gratis ini kepada kami..

Wassalamu'alaikum wr. Wb.

Mintarsih

Jawaban

Wassalamu’alikum Wr. Wb.

Semoga Allah swt selalu memberikan pengalam terbaik dari hal-hal yang ada di sekitar kita. Dan keberkahan juga semoga Allah limpahkan kepada Ibu Mintarsih.

Berikut obat-obat kontrasepsi yang secara terang-terangan mencantumkan daftar efek samping, namun mungkin masih ada kekurangan.

  1. Desogestrel (Kontrasepsi Oral) mengakibatkan Kanker Payudara, Kanker Hati, Myoma
  2. Levonorgestrel (Kontrasepsi Oral) mengakibatkan Kista

Namun hampir semua kontrasepsi yang menggunakan hormon, dapat dipastikan ada efek sampingnya. Biasanya mengenai organ-organ penghasil hormon yang telah Allah ciptakan khusus untuk wanita.

Memang dalam Al-Qur’an maupun hadits tidak ada statement yang melarang atau menganjurkan pengaturan kehamilan menggunakan kontrasepsi secara eksplisit. Namun sesuai dengan ilmu kesehatan, bila si Ibu menyusui anaknya ia tidak akan mengalami menstruasi. Berarti secara teori dalam 2 tahun, ia tidak dapat hamil.

Bila sang isteri lebih cepat ingin menyapih, berarti produksi hormone estrogen akan membuat ovulasi kembali berarti isteri akan mengalami menstruasi kembali. Jadi sang suami harus paham juga mengenai hal ini. Musyawarah antara suami isteri sangat diperlukan untuk pemilihan cara kontrasepsi.