SUKSES stoping SMOKING/sukses berhanti merokok

Posted by ATMAJA'Z

Bagi sebagian besar perokok, kenikmatan merokok tidak lagi didapatkan dari benda berasap tersebut. Melainkan karena sekadar kebiasaan. Kondisi inilah yang cenderung sulit ditinggalkan.

Namun para ahli perilaku dari Fakultas Kesehatan di Universitas Harvard telah berhasil menyusun panduan yang dapat membantu seseorang berhenti merokok

1. Ganti rokok yang biasa dikonsumsi dengan merk lain yang lebih rendah kandungan tar dan nikotinnya, beberapa minggu menjelang tanggal berhenti merokok. Langkah ini berdampak para pola perilaku merokok.

2. Kurangi konsumsi rokok dalam sehari. Jangan habiskan satu batang rokok hingga habis, dan jangan menghisapnya dalam-dalam. Gagasan utama himbauan ini adalah mengurangi ketergantungan sistem tubuh bekerja di bawah pengaruh nikotin.

3. Tunda satu jam untuk menyalakan rokok, saat keinginan merokok timbul. Sibukkan diri dengan beberapa kegiatan yang mendesak. Merokoklah hanya jika Anda sangat ingin. Jangan merokok sebagai kegiatan otomatis.

4. Atur waktu merokok Anda hanya pada jam ganjil atau tunggal, setiap hari. Misalnya, Anda memutuskan jam ganjil, maka Anda hanya akan merokok pada jam 9, 11, 13, 15, dst... Rencanakan sejak pagi hari, berapa batang rokok yang akan Anda konsumsi.

5. Atur pola makan Anda sehingga menjadi pengganti kebiasaan merokok. Misalnya minum segela susu setiap kali keinginan merokok muncul.

6. Jangan kosongkan asbak. Asbak yang penuh membuat Anda ingat bahwa sudah banyak rokok yang dihabiskan.

7. Tak perlu menyediakan rokok dalam jumlah relatif banyak. Jangan membawa rokok saat bepergian. Buatlah diri Anda kesulitan mendapatkan rokok ketika rasa ingin merokok itu muncul.