ALAT KONTRASEPSI BARU BAGI PRIA

Posted by ATMAJA'Z

Para ilmuwan Eropa telah mulai suatu percobaan penanaman alat kotrasepsi pria yang secara menyeluruh dapat menghalangi produksi sperma dan memiliki efek samping jangka panjang. Jika segala sesuatu berjalan lancar, para peneliti percaya hal ini dapat dipasarkan dalam tahun 2005.

Perusahaan farmasi Belanda, Organon-yang dikenal sebagai pembuat Norplant-telah memulai percobaan klinis terhadap apa yang diharapkan berjangka panjang, dapat dipercaya, aman dan dapat menggantikan kontrasepsi hormonal bagi pria.

Perbedaan pilihan alat kontrsepasi yang dibuat adalah mengganti pill dengan sebuah tangkai kecil yang ditanam di bawah kulit tangan pasien yang akan mengantarkan etonogestrel, suatu bentuk progestogen yang biasa ditemukan pada pill KB wanita, untuk menghalangi produksi sperma.

Karena bentuk kontrasepsi hormonal ini akan menutup terstoteron dan produksi sperma dari pria. Therapi akan diberikan pada mereka yang ikut dalam percobaan ini. Mereka akan mendapatkan suntikan therapi pengganti testoteron setiap empat sampai enam minggu selama satu tahun untuk membantu mempertahankan dorongan seks mereka, juga sifat-sifat kepriaan.

<

Kira-kira 120 pria yang berumur 18 dan 45 tahun dari Eropa dan Amerika mengikuti percobaan yang akan berlangsung satu tahun. Hasil penelitian diharapkan selesai tahun 2002, dan jika semua berjalan lancar, produk ini akan tersedia dengan resep dalam tahun 2005.

Hasil dari suatu penelitian yang lebih kecil oleh perusahaan farmasi tahun lalu menggunakan suatu metode yang sama dengan menghalangi produksi sperma tanpa efek samping yang besar. Efek samping yang paling menonjol dari alat kontrasepsi adalah meningkatnya berat badan-sama apa yang dialami wanita selama mengkonsumsi pill.

Saat ini, bentuk alat kontrsepsi pria yang paling dipercaya adalah kondom, yang memiliki rata-rata kegagalan 14% dalam kondisi tertentu, menurut FDA. Rata-rata tingkat kegagalan pill KB wanita kurang dari 1%.

Penelitian sebelumnya untuk mencari pill kontrasepsi pria mengalami kegagalan. Beberapa efek samping termasuk impoten dan imfertilitas permanen. Vasektomi dapat dipakai, tetapi sulit untuk diganti.

Seperti Norplant, alat kontrsepsi hormonal pria ini diharapkan dapat bertahan sampai tiga tahun sebelum suatu tangkai baru perlu ditanam kembali.