Stress Dalam Kehamilan Berpengaruh Buruk!

Posted by ATMAJA'Z

Stress dalam kehamilan berpengaruh buruk. Stress hanya memberi pengaruh yang negative selama kehamilan dan juga menyebabkan komplikasi kehamilan yang serius. Bagaimana stress mempengaruhi anda & bayi anda ?
Stress atau perasaan tertekan akan dapat berakibat buruk pada bayi anda. Bagaimana stress dapat mempengaruhi bayi anda, yaitu-- lewat perubahan fisik yang terjadi pada anda akibat stress, seperti peningkatan detak jantung dan peningkatan hormone stress,-- mungkin anda berfikir hal ini tidak secara langsung berpengaruh bagi bayi.


YA!--Semua ini dapat berpengaruh pada bayi anda, seperti substasi-substasi yang berasal dari hormone stress dapat mempunyai pengaruh yang merugikan bagi bayi. Dan stress menjadi lebih besar pengaruhnya karena wanita yang sedang dalam keadaan stress akan bertingkah laku berbeda. Contohnya wanita yang sedang stress biasanya tidak dapat makan dengan baik dan pelarian ke rokok atau alcohol, dimana semua ini meningkatkan resiko pada kesehatan bayi anda.

Pada penelitian didapatkan bahwa ibu hamil yang mempunyai tingkat stress yang tinggi dapat meningkatkan resiko kelahiran bayi premature bahkan keguguran.

Pada wanita yang bekerja yang juga bertanggung jawab untuk pekerjaan rumah tangganya mempunyai 5 X resiko komplikasi yang lebih besar. Berdasarkan penelitian resiko keguguran meningkat 2-3 X pada wanita yang mempunyai pekerjaan dengan tingkat stress yang tinggi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa ibu hamil yang dengan Kecemasan Tinggi ketika hamil cenderung untuk mempunyai bayi yang kecil(berat badan lahir rendah).
Stress juga dapat meningkatkan resiko Hipertensi (tekanan darah tinggi) pada kehamilan.

Dalam waktu pendek, tingkat stress yang tinggi akan dapat menyebabkan gejala : rasa lemas, kurang tidur, perasaan cemas, nafsu makan terganggu atau terlalu banyak makan, sakit kepala, dan punggung.

Dan jika tetap tak diatasi, dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius seperti tekanan darah tinggi, sakit jantung, dan juga memperendah kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Dari beberapa laporan ini jelas bahwa stress hanya memberi pengaruh yang negative selama kehamilan dan juga menyebabkan komplikasi kehamilan yang serius.

Kehamilan adalah suatu anugerah Tuhan, yang tidak ternilai, jadi berbahagialah dan nikmatilah saat-saat kehamilan anda ini untuk menjadi calon ibu yang berbahagia juga demi bayi anda.